MATA sehat

Mata memiliki peranan penting bagi setiap orang, karena selain sebagai indera penglihatan juga mempengaruhi kesan wajah serta penampilan secara keseluruhan. Lingkaran hitam di bawah mata serta munculnya garis halus, membuat wajah terlihat tua. Jadi memang sangat penting bila anda menjaga keindahan mata.

Merawat mata yang benar akan membuat anda terlihat menarik karena memang mata mampu memberikan penampilan anda terlihat lebih bergairah. Sehingga tidak mengherankan jika merawat mata yang baik dan benar harus menjadi prioritas. Karena mata sering dianggap sebagai bagian yang terpenting dari kecantikan seseorang. Mata juga dianggap sebagai bagian dari alat berkomunikasi bahkan juga digunakan untuk menunjukkan ekspresi watak seseorang.

Bila tidak telaten dan perhatian pada mata maka kecantikan anda tidak akan terpancar sempurna. Adanya lingkaran hitam di bawah mata, kantung mata atau kerutan halus yang datang sebelum waktunya yang membuat anda tidak percaya diri. Faktor-faktor lain pemicu mata tidak segar adalah karena sering terkena sinar UV matahari, udara dingin dan kering, alergi terhadap makanan dan bahan sabun, kurang tidur, terlalu lama membaca, menonton TV, bekerja di depan komputer dan terlalu lama terpapar pendingin udara akan ‘menyiksa’ mata. Ada beberapa hal lain yang sering terjadi, sebaiknya anda simak berikut ini.

Kantung mata atau baggy eye biasanya disebabkan karena sistem pembuangan cairan tubuh. Hal ini bisa juga disebabkan pada bagian dalam kulit di bawah mata tumbuh lemak yang berlebihan sehingga terlihat agak membengkak dan biasa disebut dengan kantung mata. Untuk mengurangi kantung mata maka anda bisa lakukan pijatan lembut pada wilayah berkantung dengan menggunakan jari tangan yang tengah dari arah ujung dalam ke arah ujung pinggir mata bergerak arah bulat. Untuk sehari-hari maka anda bisa gunakan tabir surya.

Lingkaran hitam atau dark circle ada beberapa penyebabnya. Ada lingkaran hitam yang muncul karena keturunan atau genetik, dimana lingkaran hitamnya lebih terlihat pada saat orang tersebut makin berumur dan elastisitas kulitnya menurun. Ada pula lingkaran hitam di bawah mata yang lain, dapat terlihat bila seseorang sedang tidak enak badan, kurang tidur, terkena polusi, asap rokok, debu dan sedang mengalami stress. Hal ini disebabkan apabila kulit di sekitar mata terkena polusi, asap dan debu maka pembuluh darahnya akan membesar, dimana tubuh akan mengeluarkan zat kimia dan disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut untuk mengurangi dampak negatif dari polusi.

Kerut halus pada kulit wajah sering disebabkan karena dehidrasi kulit, penuaan dini dan penuaan biologis. Kerut dalam di pinggir mata disebabkan penuaan dini akibat terkena sinar matahari yang merusak jaringan kolagen dan elastin serta otot muka. Gunakan masker dan krim khusus mata agar kerut halus tidak datang sebelum waktunya.

Jerawat batu biasanya disekitar mata disebabkan karena tidak membersihkan make-up dengan pembersih mata yang tepat. Sisa-sisa make-up yang tidak terhapus sempurna akan masuk ke dalam pori-pori yang nantinya dapat menyebabkan jerawat. Jadi selalu gunakan eye make-up remover untuk mencegah munculnya jerawat batu yang baru dan rajin mengenakan masker khusus mata.

Mata letih dan kuyu. Untuk mata letih karena anda terlalu lelah bekerja, ambil sebongkah kecil es lalu usapkan pada sekeliling mata. Cara ini akan mengembalikan kelancaran peredaran darah dan menyegarkan mata.

Mata merah biasanya disebabkan karena polusi udara. Seperti asap knalpot kendaraan bermotor, polusi udara di jalanan, asap rokok sehingga mampu membuat mata merah karena iritasi ringan. Jadi sebaiknya jangan langsung menguceknya karena hanya akan membuat mata semakin merah. Karena tangan anda tidak bersih dan kuman bisa masuk ke dalam mata sehingga terkena iritasi ringan. Untuk mengatasinya sebaiknya anda gunakan tetes mata agar iritasi mata ringan sehingga meredakan keluhan mata merah.

Agar mata anda tetap tampil sehat dan cantik sebaiknya anda mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi yang baik untuk membantu pembentukan kolagen yang merupakan bahan dan mengurangi proses pigmentasi di sekeliling mata serta konsumsi Vitamin A yang berguna untuk mempertajam mata. Dengan merawat mata maka penampilan anda akan semakin sehat dan cantik. Semoga berhasil. twp

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: