COPOT KACA MATA ANDA!!


dr. Yuda Turana

Sudah lama dipercaya bahwa semakin usia tua fungsi penglihatan menurun dan proses itu sulit untuk dihindari. Para naturopath menganjurkan untuk diet yang baik dan latihan otot-otot mata untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

William H Bates adalah dokter mata dan dosen di New York Postgraduated Medical School yang pada tahun 1919 menerbitkan buku : Better Eyesight Without Glasses yang berisi latihan-latihan untuk meningkatkan fungsi penglihatan . Dia berprinsip kaca mata adalah tidak mengobati penyebab dari menurunnya fungsi penglihatan . Dalam buku alternatif latihan tersebut sering disebut  metode Bates. Berikut latihan yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan fungsi penglihatan anda :

1. PALMING

Pejamkan mata anda dan tutup dengan kedua telapak tangan . Pastikan tidak menyentuh mata. Lalu pikirkan sesuatu yangmenyenangkan atau dengarkan musik. Jangan kosongkan pikiran anda karena dapat mengakibatkan mata anda tidak rileks

Lakukan 2 – 3 kali sehari masing-masing selama 10 menit.

2. SPLASHING

Siramlah mata anda yang terpejam dengan air hangat 20 kali kemudian 20 kali dengan air dingin. Ulangi hal ini sore hari namun lakukan dahulu dengan air dingin kemudian hangat.

3. NEAR AND FAR FOCUSING

Peganglah pensil di depan mata anda kurang lebih 15 cm dari hidung. Dan pensil yang lain sejajar namun dalam posisi yang lebih jauh, sejauh tangan anda dalam posisi lurus. Fokuskan penglihatan mata anda pada pensil yang satu kediplah kemudian fokuskan pada pensil yang lain. Perhatikan bahwa anda hanya fokus pada satu pensil secara bergantian namun anda tidak melihat double.

4. SWINGING

Berdiri didepan jendela dengan kaki agak sedikit berjauhan kemudian latihlah mata anda untuk melihat ke kanan dan ke kiri pada objek di luar jendela. Kediplah saat pindah gerakan dari tiap sisi. Perhatikan seolah-olah jendela berpindah pada arah berlawanan dari diri anda.

5. SHIFTING

Saat anda melihat suatu objek. Pusatkan perhatian anda pada objek tersebut. Kemudian lihatlah batas atas dan bawah objek. Kemudian batas kiri dan kanan objek. Kemudian Batas objek tersebut anda perkecil dan lihatlah batas objek atas bawah, kanan kiri. Semakin kecil batas objek maka semakin maka semakin terlatih otot mata anda.

Latihan  dapat anda lakukan secara teratur  2-3 kali sehari.

( Catatan : Metode Bates ini hanya pada gangguan penglihatan akibat refraksi dan bukan karena katarak maupun glaukoma , konsultasikan dengan dokter anda )

Bahan Bacaan :

1. Inglis B, West R. . The Alternative Health Guide
2. Coleman V. Body Power
3. Shealy CN. Alternative Healing Therapies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: